PEMUDA DAN INDONESIA MAJU

LPM NASIONAL FISIP - UMUM • OPINI
PEMUDA DAN INDONESIA MAJU

[LPM NASIONAL] - Pemuda memiliki peran sebagai agen perubahan dan agen pembangunan dalam mewujudkan masyarakat yang berdaya. Olehnya, pemuda Indonesia mempunyai kedudukan penting dalam memajukan dan mensejahterakan bangsa Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa, pemuda harus memiliki semangat nasionalisme dan menjaga identitas ke-Indonesiaannya dalam menghadapi pergaulan bertaraf global. Pemuda dianggap sebagai potensi bagi negara dalam mengisi pembangunan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Pendidikan menjadi salah satu kunci besar suatu negeri, sehingga pemuda Indonesia harus banyak belajar dan menyadari betapa pentingnya pendidikan. Pemuda juga harus berani membela yang benar dan mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan kegiatan yang positif.

Pemuda Indonesia memiliki potensi dan kreativitas besar yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan sosial (Sastramidjaja, 2017). Institusi pendidikan memainkan peran penting dalam mempersiapkan dan membekali generasi muda dengan keterampilan, pengetahuan, dan pola pikir yang diperlukan untuk berkontribusi secara efektif terhadap pembangunan Indonesia. 

Banyak harapan yang diemban oleh para pemuda yaitu :

  1. Diharapkan mampu keluar dari jebakan sikap primordial dan bersatu untuk membangun bangsa.
  2. Diharapkan menjadi obor penyemangat bagi kemajuan bangsa.
  3. Mampu menaklukkan dunia dengan karakter, kapasitas, dan kemampuan inovasi.
  4. Diharapkan dapat menunjukkan perilaku yang mendukung persatuan dan kesatuan.
  5. Melalui pendidikan, inovasi, dan semangat juang, pemuda diharapkan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa dan negara.

Pemerintah telah membuka kesempatan dalam berbagai bidang bagi para pemuda dan pemudi Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia Maju, termasuk kepemimpinan, kolaborasi lintas generasi, dan peningkatan kemampuan diri guna menghadapi persaingan global. Pemuda harus banyak berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia Maju dan memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, dan literasi digital. Pemuda harus mampu keluar dari jebakan sikap primordial suku, agama, ras, dan budaya menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Pemuda Indonesia harus mengisi kemerdekaan ini dengan berpartisipasi, berinovasi, serta berkreasi dalam konteks yang positif untuk kemajuan bangsa dan negara. Pemuda juga harus berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia Maju melalui kreativitas dan kerja keras.

 

Berita Lainnya : AKSI ALIANSI RAKYAT MENGGUGAT TAK KUNJUNG ADA HASIL

Penulis : Sari

Editor : Abay

LPM NASIONAL FISIP - UMUM • OPINI Sabtu, 17 Feb 2024 - 12:53 am

MUNGKIN KAMU SUKA

Ayat Ayat Kiri

Ideologi kiri selalu berpihak kepada rakyat

Bukan kepada elite oligarki kapitalis

Sudah berapa banyak suara rakyat yang sudah kau bungkam wahai tuan?

 

Ketika muda…

LPM NASIONAL FISIP 1 tahun yang lalu
PERAN DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN (DPL) DALAM KEKERASAN SEKSUAL

[LPM NASIONAL] Kekerasan seksual merupakan tindakan yang sangat serius dan tidak dapat ditoleransi dalam konteks manapun, termasuk di lingkungan tempat Kuliah Kerja Nyata…

LPM NASIONAL FISIP 1 bulan yang lalu
DOSEN TIDAK PASTI MAHASISWA MENANTI

Diranah bangku perkuliahan terdapat sebuah jabatan sebagai ketua disetiap kelasnya sesuai dengan kesepakatan bersama, dan tentunya salah satu tugas sebagai ketua kelas ialah mengingatkan dosen…

LPM NASIONAL FISIP 5 bulan yang lalu