Seruan Aksi Aliansi Mahasiswa Sekota Palu "cabut UU Cipta Kerja" Belum Mendapatkan Titik Terang.

LPM NASIONAL FISIP - UMUM
Seruan Aksi Aliansi Mahasiswa Sekota Palu

Senin, 03 April 2022. Aliansi mahasiswa sekota Palu melakukan seruan aksi cabut UU cipta Kerja didepan kantor DPRD Sulteng Palu.

Seruan aksi dipimpin langsung oleh masing-masing  korlap dari Universitas se-kota Palu, Masa aksi berkumpul di patung kuda sebelum menuju ke depan kantor DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) diamankan oleh 142 personil kepolisian dari polresta Palu Sulawesi Tengah dan ditambah gabungan brimob karena massa aksi sempat tidak terkendali. 

Salah satu anggota DPRD menemui massa aksi namun mereka tidak menerima negosiasi dari luar pagar, mereka ingin diizinkan masuk ke dalam kantor dan mengancam akan mendobrak paksa gerbang jika permintaan tersebut tidak diindahkan. 

Massa aksi sudah berusaha untuk meminta dengan damai namun pihak kepolisian tidak juga membuka gerbang, sampai massa aksi mulai tersulut emosi yang membuat keadaan semakin memanas dan sempat terjadi kericuhan akibat gerbang tak kunjung dibuka.

Setelah lebih dari dua jam massa aksi bernegosiasi dengan diselingi orasi dari masing-masing korlap, akhirnya semua massa aksi diizinkan untuk memasuki halaman gedung kantor DPRD. 

Massa aksi disambut oleh anggota DPRD, dan melakukan orasi ilmiah terkait UU cipta kerja yang bermasalah dan dampak dari penolakan UU cipta kerja yang sempat terjadi sebelumnya

Massa aksi meminta agar dapat berbicara dengan kepala dingin didalam gedung tapi anggota DPRD meminta hanya keterwakilan saja mengingat kapasitas kantor DPRD yang tidak mampu menampung semua Massa Aksi, permintaan itu di tolak karena sesuai kesepakatan bersama massa aksi bahwa semua harus masuk tanpa keterwakilan. Namun, malah terjadi perpecahan antar Massa Aksi karena ada yang menyetujui permintaan anggota DPRD dan ada yang tetap bersih keras mempertahankan hasil konsolidasi awal. Seruan Aksi pun belum mendapat titik terang dan berakhir ricuh.

Reporter : Lela, Awanda, Indah dan Cahyadin

Editor  : Mahdya dan Malik

LPM NASIONAL FISIP - UMUM Selasa, 4 Apr 2023 - 4:52 am

MUNGKIN KAMU SUKA

BEM FISIP TAHUN INI TERANCAM DIBEKUKAN

LPM NASIONAL FISIP 1 tahun yang lalu

PERAN DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN (DPL) DALAM KEKERASAN SEKSUAL

[LPM NASIONAL] Kekerasan seksual merupakan tindakan yang sangat serius dan tidak dapat ditoleransi dalam konteks manapun, termasuk di lingkungan tempat Kuliah Kerja Nyata…

LPM NASIONAL FISIP 3 bulan yang lalu
ALIANSI JURNALIS DI PALU TOLAK REVISI UNDANG-UNDANG PENYIARAN

Pada Hari Jumat (24/05/2024) Kelompok Aliansi Jurnalis di Palu melakukan aksi di Tugu Nol Kilometer di Jalan Hasanudin pada pukul 16.00  WITA. Pada…

LPM NASIONAL FISIP 1 bulan yang lalu