KISAH YANG KELAM TERULANG KEMBALI

LPM NASIONAL FISIP - UNTAD • OPINI • CERPEN
KISAH YANG KELAM TERULANG KEMBALI

Dahulu sekali, aku memiliki sebuah mimpi. Mimpi itu sederhana, yaitu bersekolah hingga S1. Ku jalani cerita di masa sekolahku, mulai dari TK ke SD, SMP lanjut lagi SMK dan akhirnya berniat mendaftar dan menempuh S1 di kampus tercinta, Universitas Tadulako (UNTAD).

Namun sayangnya, mimpi itu sepertinya harus berhenti dan hanya akan menjadi angan-anganku. Sebab, kenaikan UKT (Uang Kuliah Tunggal) mengharuskanku untuk mengubur niat dan impianku. Tak pernah sekalipun aku berharap untuk tak melanjutkan pendidikanku. Namun bagaimana lagi, perkara ekonomi.

Aku kini terus mempertanyakan, kenapa perkara UKT yang melejit selalu menjadi persoalan dari tahun ke tahun dan di kampus-kampus di Indonesia?

Mengapa sekarang akses pendidikan sangat sulit untuk kami kaum yang miskin?

Apakah pendidikan hanya untuk orang-orang elit saja?

Aku bingung harus apa. Bahkan aku harus mengambil pekerjaan sampingan untuk mencukupi kebutuhanku disini. Uang makan saja sudah susah, apalagi uang untuk membayar UKT yang kini dibanderol dengan biaya yang semakin mahal.

Sempat ku saksikan sendiri sekelompok gerakan mahasiswa mengadakan aksi demonstrasi di depan Untad. Aku penasaran.. akankah suara mereka didengar dan ada follow up setelah ini?

Atau suara mereka akan dibungkam dan pihak birokrasi hanya bertindak seperti tak ada perkara?

Kepada pihak birokrasi, saya khususnya sangat berharap UKT untuk diturunkan atau adanya pemotongan UKT untuk kami, calon mahasiswa baru 2024. Dengan penuh kecewa saya menuliskan kata-kata ini bukan hanya tuk dibaca, melainkan ada solusi atas hal ini.

Serta kepada kakak-kakak yang tergabung dalam aksi penolakan UKT waktu itu, saya ucapkan terima kasih yang mendalam sebab tak bersikap apatis dan selalu menyuarakan masalah yang terjadi di lingkup kampus.

Akhir kata,

HIDUP MAHASISWA

HIDUP BURUH

HIDUP PEREMPUAN YANG MASIH MELAWAN

HIDUP PERGERAKAN

LAWAN KETIDAKADILAN!!!!

 

Penulis : Ash Lynx

LPM NASIONAL FISIP - UNTAD • OPINI • CERPEN Sabtu, 11 Mei 2024 - 11:12 pm

MUNGKIN KAMU SUKA

"Kampus Bertanya, Bawaslu Sulawesi Tengah Menjawab"

LPM NASIONAL -  Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik…

LPM NASIONAL FISIP 6 bulan yang lalu
Penutupan Dies Natalis, FISIP Adakan Acara Bersama Keluarga Besar

Setelah diselenggarkan selama tiga hari, acara Ramah Tamah Keluarga Besar FISIP yang di selenggarakan di Swiss Belhotel pada Selasa, 24 Mei 2022, pukul 19:00 WITA…

LPM NASIONAL FISIP 2 tahun yang lalu
Bukan Lagi Bagian Dari PKKM: Magang Mandiri Ilmu Komunikasi FISIP UNTAD Kembali Seperti Sebelumnya, Tanpa Insentif

Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilombakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,…

LPM NASIONAL FISIP 5 bulan yang lalu